Cara menghitung kebutuhan kalori orang dewasa

Tinggi dan Berat Badan Ketika menerapkan cara menghitung kebutuhan kalori, kamu membutuhkan angka dari berat dan tinggi badan.

Sebelum mengetahui berapa kebutuhan kalori Anda, ada baiknya Anda mengetahui apa itu kalori. Untuk memudahkan, Kementerian Kesehatan pernah melansir cara menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan dalam cara yang sangat sederhana, yakni hanya berdasarkan jenis kelamin serta tinggi badan kita.

Bayi berusia bulan dengan berat badan 9 kg dan tinggi badan 71 cm membutuhkan energi kkal per hari. Lemak inilah yang kemudian menyebabkan berat badan bertambah.

Kamu dapat mengetahuinya dengan menggunakan cara menghitung kebutuhan kalori berdasarkan berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, dan faktor usia.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori untuk Berat Badan Ideal

Sementara itu, persentase faktor koreksi ditentukan berdasarkan usiamu saat ini. Nah, nanti dari sinilah Anda jadi tahu kalau misalnya Anda ingin menurunkan berat badan Anda. Sebetulnya bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori sehari-hari?

Berat dan tinggi badan adalah faktor yang sangat bervariasi pada tiap orang. Karena perbedaan beban kerja yang dihadapi tubuh saat beraktivitas fisik, kebutuhan kalorimu dengan seorang atlet tentu akan berbeda.

Dengan begitu, jadi tahulah kita, bahwa tubuh si Talita butuh kkal untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Penumpukan lemak kemudian berujung pada penambahan berat badan dan beragam masalah kesehatan.

Ruth MacDonald, profesor dan ketua ilmu makanan dan nutrisi manusia di Iowa State University memberikan contoh perhitungan kalori ini. Prinsip dalam mencukupi kebutuhan energi sederhana saja yaitu seimbang, karena jika Anda mengonsumsi kalori lebih dari kebutuhan, ini dapat mengakibatkan peningkatan berat badan di kemudian hari sekaligus meningkatkan risiko Anda mengidap berbagai macam penyakit, khususnya penyakit degeneratif.

Pria memiliki massa otot yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita, sehingga pengeluaran energi dan kebutuhan kalori kaum adam pun lebih besar.

Cara Hitung Kalori Makanan untuk Tubuh

Lain halnya dengan anak, kebutuhan energinya berbeda-beda sesuai dengan usianya. Namun sebenarnya, jumlah kalori makanan per hari yang dibutuhkan oleh setiap orang itu berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, serta aktivitas fisik. Sementara berdasarkan National Health Service di Inggris, laki-laki disarankan mengonsumsi kalori dan wanita kalori.

Jika kamu memiliki berat badan sebesar 50 kg, kebutuhan kalorimu tentu akan berbeda dengan orang yang memiliki berat badan sebesar 70 kg. Bahkan energi juga digunakan untuk mempertahankan hidup dan menunjang pertumbuhan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari

Sedangkan untuk mendapatkan perhitungan yang akurat, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut: Aktivitas Fisik Aktivitas fisik merupakan pergerakan otot-otot tubuh yang memicu pengeluaran energi.

Namun jika jumlah kalori makanan yang dikonsumsi seorang anak berlebihan dan tak mengalami pembakaran, akan ada kalori ekstra yang disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Dengan adanya energi yang cukup, rutinitas harianmu juga akan berjalan lancar.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Kalori Cara menghitung kebutuhan kalori dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan serta laju metabolisme - OkayDoc Kebutuhan kalori total setiap orang berbeda-beda.

Nah, kalau kebutuhan kalori Anda, berapa nih per harinya? Energi yang dibutuhkan anak tak hanya untuk beraktivitas, namun juga untuk mendukung tumbuh kembangnya.Sedangkan wanita dewasa membutuhkan kilo kalori hingga kilo kalori.

Lain halnya dengan anak, kebutuhan energinya berbeda-beda sesuai dengan usianya. Energi yang dibutuhkan anak tak hanya untuk beraktivitas, namun juga untuk mendukung tumbuh kembangnya.

ยท > Metode 1 Total energi adalah kalori /kgBB/hari yang disesuaikan dengan aktifitas. Berbagai cara menghitung kebutuhan kalori setiap hari.

Ada beberapa cara menghitung kebutuhan kalori Anda, yaitu: Rumus Harris-Benedict: rumus ini termasuk rumus yang sering dipakai oleh ahli gizi. Rumus Harris-Benedict memperhitungkan usia, jenis kelamin. Menghitung kalori biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Tapi sebenarnya teknik ini juga penting dilakukan oleh kita semua untuk memantau asupan kalori makanan kita agar tak kurang dan tak juga terlalu berlebihan setiap robadarocker.com: @Kumparansains. Nah, sebelum Anda bisa menghitung kebutuhan kalori tubuh Anda per hari, Anda harus bisa dulu mengetahui berapa BMR (basal metabolic rate) Anda.

BMR itu adalah energi/kalori yang dibutuhkan selama sehari, dalam kondisi istirahat (nggak ngapa-ngapain).Author: Mufakir Ahmad. Cara menghitung kebutuhan kalori dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan serta laju metabolisme - OkayDoc Kebutuhan kalori total setiap orang berbeda-beda.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan Per Hari?

Angka ini bergantung pada sejumlah faktor, seperti usia, berat dan tinggi badan, hingga aktivitas fisik yang dilakukan robadarocker.com: Diah Ayu Lestari.

Cara menghitung kebutuhan kalori orang dewasa
Rated 3/5 based on 53 review