Jalur metabolisme karbohidrat

Karbohidrat sebenarnya bukan nama umum senyawaan kimia yang secara kimiawi berupa bentuk hidrat dari karbon dan secara empiris mempunyai rumus: Jika tak tersedia oksigen anaerobtak terjadi reoksidasi NADH melalui pemindahan unsur ekuivalen pereduksi.

Mrpkan Jalur metabolisme Amfibolik: Asam amino ini dinamakan asam amino non-esensial. Jenis jenis Enzim 1. NADH-linked dehidrogenase mengubah 3-fosfogliserat menjadi sebuah asam keto yaitu 3-fosfopiruvat, sesuai untuk transaminasi subsekuen.

Jika tersedia cukup oksigenmaka asam piruvat diubah menjadi asetil-KoAyang kemudian diproses dalam siklus Krebs. Reaksi biosintesis glutamat Aspartat juga diturunkan dari asparagin dengan bantuan asparaginase. Hasil akhir metabolisme karbohidrat adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa dan monosakarida lain.

Fase pertama glikolisis adalah glukosa dipecah atau diurai menjadi 2 molekul gliseraldehida, 3 fosfat dengan 3 karbon. Fermentasi atau peragian adalah proses penguraian senyawa kimia yang menghasilkan gas.

Dalam dekarboksilasi piruvat terdapat dua subunit, piruvat dehidrogenase kinase dan piruvat dehidrogenase fosfatase. Apakah yang dimaksud jalur metabolisme simpang fosfoglukonat? Glikolisi aerob, jalur ini berlangsung dalam motikondria dengan bantuan O2 dimana akan dihasilkan CO2 dan H2O air.

Hipoglisemia yang serius dapat berakibat kekurangan glukosa dalam otak sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran pingsan. Yang bisa langsung diubah menjadi glukosa, seperti asam amino dan asam propionat.

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

Selanjutnya glukosa mengalami glikolisis, diikuti dengan oksidasi piruvat sampai dengan siklus asam sitrat. Rangka karbon umumnya diubah menjadi karbohidrat melalui jalur glukoneogenesis, atau menjadi asam lemak melalui jalur sintesis asam lemak.

Karena adanya enzim fosfotriosa isomerase, dihidroksi asetonfosfat juga dioksidasi. Juryati, S. Selanjutnya glukosa 6-P diubah menjadi fruktosa 6-P. Reaksi pembentukan glukuronat dari glukosa melibatkan uridin mukleosida sebagai kofaktor. Pada glikolisis aerob, energi yang dihasilkan terinci sebagai berikut: Enzim-enzim utama glukoneogenesis adalah: Keadaan ini dikenal dengan nama renal glukosuria.

Proses metabolisme karbohidrat adalah meliputi: Selanjutnya ion amonium masuk ke dalam siklus urea.Di dalam tubuh kita terdapat beberapa jalur oksidasi karbohidrat, misalnya glikolisis anaerob, glikolisis aerob, Pengaturan Metabolisme Karbohidrat.

Lintasan Pentosa Fosfat Lintasan Asam Uronat Metabolisme Fruktosa Metabolisme Galaktosa Lintasan Asam Uronat Yurika sandra Departemen Biokimia FK-YARSI Manfaat.

Setelah dibawa ke dalam sel, glukosa mengalami fosforilasi oleh suatu heksokinase menjadiglukosa 6-fosfat.

Metabolisme Karbohidrat

Glukosa 6-fosfat kemudian dapat masuk ke sejumlah jalur Author: Ridwan. Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. Pada tahap awal, gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat.

Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi aseton fosfat, suatu produk antara dalam jalur.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis, Jalur Metabolisme Lemak dan Gliserol

Seperti proses metabolisme karbohidrat, Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. Pada tahap awal. Metabolisme Karbohidrat. Terminologi yang berhubungan dengan metabolisme karbohidrat a. Glikogenesis: proses pembentukan glikogen terutama di hati dan otot dari Author: Rony Neuro.

Jalur metabolisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 12 review